RAHMAD DALU: ANTUSIAS BENDAHARA DALAM BIMTEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH DALAM APLIKASI SIPD 2021

Pangkalpinang - Badan Keuangan Daerah Provinsi (BAKUDA) Kepulauan Bangka Belitung melalui bidang Perbendaharaa menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) tentang Penatausahaan Keuangan Daerah dalam Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) kepada seluruh Bendahara Perangkat Daerah yang di buka langsung oleh Sekretaris Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H, Rahmad Dalu, S.Pdi, MM. dalam sambutannya menggantikan Kepala Badan Keuangan Daerah mengatakan, bimbingan Teknis (bimtek) Penatausahaan Keuangan Daerah  harus mengakomodir Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Daerah menurut Ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 77 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, saat menyampaikan sambutannya di Ruang CAT lantai 4 Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/11/2021).

“ Diharapkan pelatihan selama beberapa hari ini dapat membantu dalam tata kelola keuangan penyusunan rencana Penatausahaan Keuangan  Pemerintah Daerah dalam aplikasi SIPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dimulai proses perencanaan penganggaran sampai laporan akhir kegiatan, ini terintegrasi dengan baik dalam rangka meraih opini BPK, WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dimasa mendatang, saya sangat senang peserta antusias hadir dalam pelatihan Penatausahaan Keuangan Daerah dalam aplikasi SIPD, “ lanjut Rahmad Dalu.

Kegiatan dilaksanakan tanggal 18 November 2021 menghadirkan Tim Pembimbing dari Kementerian Dalam Negeri Wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan Tim Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (BAKUDA) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara diikuti oleh 150 peserta dari seluruh Perangkat Daerah yang merupakan bagian Anggaran dan Bendahara Pengeluaran dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Junianto Nugroho, salah satu Tim Kementerian Dalam Negeri Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menyelaraskan Permendagri 77 tahun 2021 tentang pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah tahun 2021.

“Penatausahaan Keuangan Daerah memuat rincian anggaran pendapatan belanja dan Pengeluaran Belanja menurut program dan kegiatan serta memuat informasi tentang urusan pemerintahan daerah, organisasi, standar biaya, prestasi kerja yang akan dicapai dari program dan kegiatan, ini terintegrasi yang baik dan menyeluruh,” Jelas Junianto.

Setelah memberikan tanda acara dimulai, Rahmad Dalu menegaskan bahwa pelatihan ini bisa diikuti dengan baik dan seksama agar nantinya dapat menghasilkan laporan BPK yang baik untuk meraih opini WTP,” Pesannya

Sumber: 
Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Fatwaomaya
Fotografer: 
sulistyo
Editor: 
fatwa
Bidang Informasi: 
Kominfo
Tags: 
Bakuda ; Perbendahaan; Humas