Gelar Pembinaan Teknis Bakuda Babel Atur Pelaporan BMD

Tanjung Pandan, Aset Barang Milik Daerah merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Barang milik daerah (BMD) merupakan salah satu aset yang paling vital yang dimiliki daerah guna menunjang operasional jalannya pemerintahan daerah. Oleh karena itu, barang milik daerah harus dikelola dengan baik dan benar sehingga terwujud pengelolaan barang milik daerah yang transparan, efisien, akuntabel, ekonomis serta menjamin adanya kepastian nilai. Berasaskan pada hal diatas, Rahmad Dalu, S.Pd.I, MM selaku Sekretaris Badan Keuangan Daerah Provinsi Bangka Belitung pada pembukaan Bimtek yang diselenggarakan tanggal 3 Oktober 2023 mengajak para peserta untuk dapat menarik garis merah atas apa yang harus dipedomi dalam menelisik tata cara pelaksanaan pembukuan, inventaris dan pelaporan barang milik daerah, kerena di sisi lain timbul suatu paradigma baru mengenai pengelolaan BMD yang juga menekankan pada penciptaan nilai tambah dari barang milik daerah yang dimiliki dan dikelola.

Dalam bimtek ini narasumber yang diampu adalah Jona Maria Mantow, S.IP, M.Acc Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Selaku Sub Koordinator pada Seksi Wilayah IB Subdirektorat Barang Milik Daerah Wilayah I Direktorat Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah, dan Barang Milik Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah yang akan mengejawantahkan implementasi penerapan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 tentang tata cara pelaksanaan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan barang milik daerah.

Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Bakuda Pemprov Babel Hasril Mintarsa menghimbau kepada Pejabat penatausaan pengguna barang, pengurus barang pengguna dan Pengurus barang pembantu untuk lebih interaktif dalam berinteraksi dengan pemateri sehingga apa yang pernah menjadi masalah di satuan kerja masing-masing dapat ditemukan solusinya.

Semoga ilmu yang kita dapat dalam bimbingan teknis ini dapat membawa kemajuan dan keberkahan bagi kita semua dalam melaksanakan Amanah kepada masyarakat Bangka Belitung.

BAKUDA…JUARA…

Sumber: 
Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah
Penulis: 
Denny Kamajaya. S. Sos
Fotografer: 
Tim Humas Badan Keuangan Daerah
Editor: 
Rindu Pratiwi
Bidang Informasi: 
Pramas