TIM BENDAHARA BAKUDA CEK KAS UPT BELITUNG&BELTIM

Belitung—Tim Bendahara Pengeluaran Badan Keuangan Daerah melakukan pemeriksaan kas pada 9-10 Maret 2017 di UPT BAKUDA Wilayah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pasal 223 ayat 2 yang menyatakan bahwa bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran melakukan pemeriksaan kas yang dikelola oleh bendahara penerimaan pembantu dan bendahara pengeluaran pembantu sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan.

Kedatangan tim Bendahara Pengeluaran Bakuda Ratna Ningsih dan Sekretaris Bakuda Eddy Laksmana disambut oleh Kepala UPT Bakuda Wilayah Kabupaten Belitung Nurdiansyah, para Kasi, Kasubbag, bendahara pengeluaran serta staf UPT. Sedangkan untuk di UPT Kabupaten Belitung tim bendahara disambut oleh Kepala UPT Syamsuri, Erwinsyah Kasubbag TU dan Kepegawaian UPT, bendahara Pengeluaran serta staf UPT

 “Pemeriksaan kas ini rutin kita lakukan di tujuh UPT Bakuda yang tersebar di tujuh Kabupaten/Kota yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan administrasi dan melakukan pemantauan realisasi agar sesuai dengan pagu anggaran”, ujar Ratna.

Selain itu, bendahara juga melakukan verifikasi, evaluasi dan analisis atas laporan pertanggungjawaban pengeluaran antara lain mencakup buku kas umum, buku pajak PPN/PPh dan bukti pengeluaran yang sah.

Ditambahkan Ratna, bahwa pemeriksaan kas yang dilakukan satu kali per tiga bulan ini juga bertujuan untuk tertib administrasi dan meminimalisir temuan. Hasil pemeriksaan kas tersebut kemudian dituangkan dalam berita acara pemeriksaan kas yang ditandatangani oleh bendahara pengeluaran Bakuda dan bendahara pengeluaran pembantu yang bertugas di masing-masing UPT Bakuda.

Sumber: 
BAKUDA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Penulis: 
Lisia AA
Fotografer: 
Lisia AA
Editor: 
Fatwa Omaya
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
BENDAHARA; KAS; PEMERIKSAAN KAS | UPT BAKUDA