Sekda Babel Tinjau DPPKAD Provinsi

Pangkalpinang – Pasca Idul Adha, Yan Megawandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan meninjau kegiatan pegawai kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (13/09/2016). 
Dengan didampingi Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, beliau memasuki ruang demi ruang di kantor yang memiliki dua lantai ini. Perhatian beliau terkonsentrasi saat tiba di ruangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang terletak di lantai I. 

Beliau sempat mempertanyakan permasalahan yang dihadapi oleh para pegawai saat menginput Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik saat penyusunan APBD maupun PAPBD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berkaitan dengan SIPKD. 
“Hendaknya penginputan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Di daerah lain, penginputan RKA dapat dilakukan di kantor atau SKPD masing-masing,” ujarnya.
Seringkali pegawai yang bertugas harus bekerja sampai malam hanya untuk menginput RKA. Dan terkadang mereka juga harus melakukan penginputan di DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lanjutnya.

“Kita harus menemukan solusi untuk masalah ini secara bersama, termasuk dengam Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jika memang harus dilakukan perluasan bandwith, kita dapat mempertimbangkannya. Kalau perlu, saat pelaksanaan penginputan, pemakaian internet dapat difokuskan untuk penginputan dan jangan digunakan untuk penggunaan lain yang bukan bersifat pekerjaan,” jelasnya.
Menanggapi masalah ini, Yulizar mengatakan bahwa DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang sedang mengidentifikasi kendala dan masalah yang berkaitan dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuanga  Daerah, yang juga berkaitan dengan penginputan RKA. 

“Hal ini menjadi tantangan bagi kami untuk memperbaiki sistem yang digunakan oleh seluruh SKPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diusahakan untuk penginputan RKA tahun 2018, maslah ini sudah dapat diatasi,”lanjutnya.

Sebelum meninggalkan kantor DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, beliau sempat menyampaikan kesan baiknya terhadap lingkungan DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Beliau berharap seluruh pegawai dapat menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada. “Jaga kebersihan dan pelihara lingkungan dengan baik karena bagaimanapun keasrian dan kebersihan menjadi sesuatu yang mendukung kita dalam bekerja.” (ACH)

 

Sumber: 
DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
SIPKD

Berita Berdasarkan Kategori