Sekda Babel Sebut TPA untuk Pengelolaan Pembangunan Daerah

Pangkalpinang – Terdapat tiga kriteria keberhasilan dalam mengelola pembangunan daerah adalah TPA, yaitu transparan, partisipasi, dan akuntabel. Keberadaan tiga kriteria tersebut akan menghasilkan dokumen perencanaan yang lebih baik. Demikian dikatakan oleh Yan Megawandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018 yang diadakan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) (08/02/2015).

“Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitan dan Pengembangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan meja konsultasi. Hal ini sangat baik karena dapat menampung partisipasi komponen tokoh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Masukan dan saran ini  nantinya akan menjadi bimbingan dan arah kebijakan dalam dokumen RPJMD dan RPJPD yang saat ini sedang direview,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa aspirasi masyarakat melalui anggota DPRD sudah ditampung, tetapi forum ini akan memperluas aspirasi, masukan, dan partipasi masyarakat sehingga menghasilkan metode mekanisme perencanaan pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang lebih kreatif. Pihak legislatif, eksekutif dan seluruh pihak kepentingan pembangunan dapat saling melengkapi sehingga dokumen Perencanaan akan tersusun dengan baik dan dapat menyelesaikan permasalahan yang timbul sekarang ini.

Menurutnya, Presiden Jokowi menekankan pelaksanaan menyusun perencanaan dengan kebijakan money follow program, bukan lagi dengan money follow function, dimana pendanaan program menjadi prioritas, bukan pendanaan fungsi.  “Penyusunan pembangunan ini harus saling berintegrasi antara perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting), yang seiring dengan ketentuan yang selalu terkait dengan pelayanan publik,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, diadakan penyerahan cendera mata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung secara simbolis yang diserahkan oleh Yan Megawandi kepada Bayu Martanto, Kepala BI Kantor perwakilan Bangka Belitung.

Elvi, Kepala Subabagian Perencanaan Badan Keuangan Daerah mengatakan bahwa forum ini juga merupakan langkah lanjut dari kegiatan musrembang yang pernah dilaksanakan di Kantor Gubernur kepulauan Bangka Belitung Januari lalu. “Dengan arahan dan ketentuan dari BPP & Litbang, Bakuda sudah menyusun konsep untuk mendukung perubahan RPJPD dan persiapan RPJMD, yang kami sesuaikan dengan isu dan permasalahan terkini. Kami berharap forum ini dapat memperkaya draft Bakuda sehingga nantinya rencana strategis badan kami memiliki sasaran pokok dan target indikator sasaran yang tepat dengan isu strategis pembangunan 2018 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pungkasnya. (ACH)

Sumber: 
Humas Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Forum Konsultasi Publik; Musrembang

Berita

03/01/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
13/06/2016 | DPPKAD Prov. Kep. Bangk...
17/05/2016 | DPPKAD Prov. Kep. Bangk...
18/03/2016 | DPPKAD Prov. Kep. Bangk...
11/04/2016 | DPPKAD Prov. Kep. Bangk...
21/02/2017 | Humas Badan Keuangan Da...