Segera Sampaikan SPT Tahunan, Terakhir 31 Maret 2016

Pangkalpinang – Batas waktu lapor SPT Tahunan untuk WP Orang Pribadi terakhir 31 Maret 2016. Demikian himbauan Mulyadi, narasumber KPP Pratama Pangkalpinang saat Sosialisasi Sistem Pelaporan SPT online atau e-filling” di Kantor DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( 18/3/2016).

e-Filing merupakan sistem pelaporan SPT menggunakan sarana internet (online) tanpa melalui pihak lain dan tanpa biaya apa pun. Direktorat jenderal pajak (ditjen pajak) memberikan kemudahan bagi wajib pajak (WP) dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada ditjen pajak secara lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah,” jelas Mulyadi.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa untuk melakukan e-Filing, wajib pajak (WP) harus melalui tiga tahapan utama. Dua tahapan pertama hanya dilakukan sekali saja, sedangkan tahapan ketiga dilakukan setiap menyampaikan SPT.

“Pertama, ajukan permohonan e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Setelah mendapatkan e-FIN, daftarkan sebagai WP e-Filing di situs https://djponline.pajak.go.id paling lama 30 hari kalender sejak diterbitkannya e-FIN. Selanjutnya, sampaikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi secara e-Filing melalui situs https://djponline.pajak.go.id.”

Pada kesempatan ini, Mulyadi juga membahas masalah wajib pajak (WP) dengan status suami istri. Agar lebih efektif dan efisien, gabungkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Penghitungan penghasilan, pembayaran pajak, hingga pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) hanya dilakukan satu kali, yaitu melalui suami. Penghasilan istri dilaporkan di bagian lampiran SPT 1770 S, tanpa harus menggabungkan penghasilan netto suami. Hal ini akan lebih menguntungkan bagi wajib pajak karena perhitungan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) lebih besar.

"Namun, bagi yang sudah terlanjur melaporkan SPT tahunannya masing-masing, untuk tahun ini tidak apa-apa. Untuk selanjutnya, NPWP istri sebaiknya dapat dihapus dengan cara melapor ke KPP Pratama terdekat. Dengan demikian, untuk tahun selanjutnya dapat diterapkan satu NPWP untuk pasangan suami istri," jelasnya.

Saat membuka acara ini, Arlinisfa, Kepala Bidang Asset Daerah berharap para pegawai dapat memanfaatkan acara ini agar pengisian  SPT tahunan secara online dapat sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat