Satpol PP Sidak DPPKAD

Pangkalpinang - Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kedatangan tamu tiba-tiba, yaitu beberapa anggota Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Inspeksi Mendadak (Sidak) ini terjadi pada Jumat menjelang apel sore dilaksanakan (29/04/2016).

Dengan menggandeng Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili oleh Pri Fitri Novera Dharmawati, Kepala Sub Bidang Disiplin dan Kedudukan Hukum Pegawai, secara teknis sidak ini dilakukan dengan cara absen di tempat. Pegawai menandatangani langsung daftar absen apel sore kosong yang sudah disiapkan oleh sub bagian kepegawaian, di depan tim sidak. Hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui pegawai yang hadir ataupun yang tidak hadir apel dan menghindari terjadi penitipan paraf atau tanda tangan antar teman.

Elvi, kepala sub bagian kepegawaian menjelaskan bahwa sidak ini dilaksanakan berkaitan dengan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 12 Tahun 2016 tanggal 29 Februari 2016 tentang Penetapan Hari Kerja dan Jam Kerja di Lingkungan Pemprov Babel. Beliau meyakini bahwa pegawai DPPKAD sangat disiplin dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Hasil sidak menunjukkan bahwa tingkat kehadiran pegawai sore itu sekitar 97 persen, termasuk pegawai yang tidak hadir, tetapi memiliki keterangan yang jelas. Sisanya, pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan.

“Kami rutin dan konsisten melaksanakan apel pagi dan sore. Agar lebih mudah memantau, kami menerapkan lembar daftar absen yang terpisah untuk setiap bidang. Bahkan, daftar kehadiran dan apel pun kami pisahkan menjadi lembar masing-masing agar pegawai dapat mempertanggunjawabkan kehadiran dan apelnya sesuai dengan yang keadaan yang sebenarnya. Jika memang tidak mengikuti apel pagi dan sore, tetapi  hadir untuk bekerja, yang bersangkutan cukup menandatangani daftar kehadiran,” ujarnya.

Diwawancara secara terpisah, Mala Rantina, kepala sub bagian umum dan kepegawaian Satpol PP menjelaskan bahwa sidak merupakan salah satu tugas Satpol PP yang memang menjadi  program rutin sebagai upaya pembinaan kedisiplinan kerja pegawai.

“Salah satu tujuan kegiatan sidak ini dalam rangka penegakan peraturan perundang-undangan daerah yang bermuatan sanksi dalam hal ini, sesuai dengan peraturan gubernur tentang uang makan dan TPP,” tambahnya.

Ada dua jenis sanksi yang menjadi acuan dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 59 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 38 Tahun 2015 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu sama sekali tidak menerima TPP dan pemotongan TPP. Kehadiran apel berkaitan dengan sanksi yang kedua, termaktub dalam Bab 5 pasal 6 ayat 1.

Untuk uang makan pegawai, hal ini diatur dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 39 Tahun 2015 tentang Pemberian Uang Makan bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (ACH)

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Satpol PP; inspeksi mendadak; sidak; disiplin pegawai; sub bagian kepegawaian; apel sore; apel pagi