Penyelenggara Samsat Tanda Tangani Komitmen Bersama

Pangkalpinang - Komitmen tiga instansi penyelenggara Samsat di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah terealisasi dengan Penandatanganan Komitmen Bersama saat Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 (08/06/2016). Upaya meningkatkan pelayanan Samsat ini menjadi babak baru dalam mengoptimalkan kemitraan antara pelaksana Samsat se-Provinsi Kepulauan  Bangka Belitung dengan masyarakat.

Komitmen bersama ini ditandatangani oleh Tim Pejabat Pelaksanan Pembina Samsat Tingkat Provinsi, termasuk Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur, yang terdiri atas instansi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kep. Bangka Belitung, Polda Kep. Bangka Belitung dan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pangkalpinang. Tujuh isi komitmen ini dalam rangka  mewujudkan pelayanan prima pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,

Bertempat di ruang rapat lantai 3 Kantor Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang, penandatanganan disaksikan oleh AKBP Valentino Alfa Tatareda, Dirlantas Polda Kep. Babel dan Hidayat; Yulizar Adnan, Kepala DPPKAD Provinsi Kep. Bangka Belitung; Hidayat, Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pangkalpinang; dan Sadikin, Kepala Bank Sumsel Babel.

Bambang Kusnarianto menjelaskan terwujudnya komitmen bersama tiga instansi penyelenggara Samsat akan mengoptimalkan pemberian layanan regident ranmor, pembayaran PKB / BBN-KB dan SWDKLLAJ yang prima kepada masyarakat pemilik kendaraan serta wajib pajak dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Terdukungnya penyelenggaraan fungsi registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (online system) oleh Polda Kep. Babel, guna percepatan dan keakuratan penyajian data kendaraan bermotor yang telah terdaftar pada 7 (tujuh) kantor Samsat Kabupaten / Kota,” lanjutnya.

Menurutnya, upaya bersama penyelenggara Samsat di wilayah Provinsi Kep. Babel untuk mewujudkan postur pelayanan yang semakin dipercaya dan akuntabel guna terwujudnya pelayanan prima Samsat.

Yulizar Adnan menjelaskan bahwa selain meluncurkan Samsat Corner, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyerahkan dua mobil Samsat Keliling sebagai kendaraan operasional untuk UPTD Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Barat. Saat ini, DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang mengupayakan terbangunnya jaringan samsat online sehingga dapat segera mengakses data kendaraaan bermotor di tujuh UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sarana dan prasarana sedang disiapkan dan dapat dijalankan Juli 2016.

Beliau juga mendukung sinergitas yang akan terjalin dengan penandatanganan komitmen bersama ini. Menurutnya, hal ini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari segi perpajakan, yang memang harus terus digali terobosan baru yang efektif.

 “Kami siap mendukung segenap jajaran penyelenggara Samsat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terus berusaha mengembangkan serta menyempurnakan profesionalisme. Semua komitmen bersama yang diusung ini akan menjadi landasan dalam usaha meningkatkan pelayanan Samsat,” tegas Yulizar (ACH)

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Komitmen Bersama