Pegawai UPT DPPKAD Harus Taat Aturan Pemprov

Pangkalpinang - Walaupun kantor UPTD berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota, pegawai UPTD adalah pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Oleh karena itu,  pegawai UPTD Kabupaten Bangka Tengah sebagai pegawai DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus taat pada aturan yang telah ditetapkan. Demikian pengarahan  Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat berkesempatan datang ke Unit Pelaksana Teknis DPPKAD Wilayah Kabupaten Bangka Tengah (04/06/2016).

“Aturan mengenai penetapan jam kerja dan hari kerja yang kita pedomani sebagai pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 12 Tahun 2016. Oleh karena itu, saya tegaskan bahwa pegawai yang bekerja di UPT DPPKAD Kabupaten/Kota, harus tetap datang ke kantor dan bekerja pada hari Sabtu,” ujar Yulizar.

Yulizar ingin memastikan kedisiplinan pegawai UPT  dalam melaksanakan apel pagi dan sore. Rekapitulasi daftar apel dan kehadiran harus dikirim ke dinas sebagai laporan. Jika memang ada pegawai yang tidak apel tanpa keterangan, tunjangan penghasilan pegawainya harus dipotong 2,5 persen setiap tidak hadir apel. Ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 59 Tahun 2015.

Selain itu, beliau kembali mengingatkan bahwa kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai yang sudah diberikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sebagai reward untuk pegawai, harus diimbangi dengan peningkatan kedisiplinan pegawai, termasuk pelaksanaan apel pagi dan sore.

Mengenai hal ini, Amat Saro, Kepala Sub Bagian Tata Usaha mengatakan bahwa pegawai UPTD Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan apel pagi dan siang sesuai dengan pergub yang berlaku.
 “Pada hari Sabtu ini, kami melaksanakan apel pagi pukul 07.30. Semua pegawai, baik PNS maupun tenaga kontrak harus mengikuti apel pagi dan sore. Setelah apel, barulah masing-masing pegawai melanjutkan tugasnya,” lanjutnya.

Masalah lain yang menjadi perhatian Kepala Dinas adalah mengenai pakaian. Walaupun belum ada seragam khusus yang dtetapkan untuk dikenakan pada hari Sabtu, pegawai harus menggunakan pakaian yang sopan. “Jangan menggunakan baju kaos, apalagi kaos oblong. Kita sebagai pegawai yang berhadapan langsung dengan masyarakat, sebaiknya menunjukkan hal positif yang dapat menjadi panutan,” himbaunya.

Setelah pengarahan, Kepala Dinas ditemani Jasmani, Kepala UPTD, memeriksa sarana dan prasarana yang ada di lingkungan UPT DPPKAD Kabupaten Bangka Tengah. Beliau menyempatkan diri untuk masuk ke setiap ruangan yang ada dan meninjau langsung proses pelaksanaan kerja pada loket Samsat. (ACH)
 

Sumber: 
DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini | Fatwa Omaya
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Apel pagi; apel sore; disiplin pegawai; peraturan gubernur provinsi kepulauan bangka belitung nomor 12 tahun 2016; peraturan gubernur kepulauan bangka belitung nomor 59 tahun 2015; tambahan penghasilan pegawai; TPP