KALI INI BAKUDA BABEL SELENGGARA DONOR DARAH “SETETES DARAH ANDA NYAWA BAGI SESAMA”

PANGKALPINANG – Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. HARRIS, AR, AP, M.H menerima Panitia Penyelenggara Palang Merah Indonesia (PMI) Babel, Jumat, 13 /5 /2022) pagi diikuti oleh 33 orang pendonor darah dari staf hingga Pegawai Eselon IV dan III serta Jabatan Fungsional dan diluar Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kelegaan terpancar pada wajah M. Harris selaku Kepala Bakuda beserta koleganya.

Sama seperti pegawai lainnya yang telah dijadwalkan untuk Donor Darah sebanyak 33 orang, dirinya merasa tenang dan berjalan lancar saat kegiatan donor darah berlangsung. Sebanyak 350 cc tiap pendonor dan donor yang diambil diperoleh 23 kantong serta 10 kantong ditolak dikarenakan kesehatan, didapat oleh petugas PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 “Alhamdulillah Antusias Peserta Donor cukup baik kali ini pertama ini berjalan lancar semoga Setetes Darah dapat membantu Saudara kita yang membutuhkan dan nyawa baginya,”Papar Haris.

Proses Donor Darah dimulai dari Pendaftaran Peserta, pemeriksaan Kesehatan, dan Pengambilan Darah Peserta Donor. Usai dilakukan pemeriksaan, dikarenakan memiliki riwayat tensi tekanan darah tinggi atau ada penyakit lain disarankan oleh petugas medis untuk beristirahat terlebih dahulu dan diharus meminum obat yang diberikan dan akan dijadwalkan ulang setelah diperiksa, Kepala Bakuda Harris langsung melihat Proses pendonoran dan menunggu selama 15 menit di fasilitas kesehatan, hingga pengambilan darah peserta.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Dr. Andi Nuruto menambahkan bahwa setelah puasa secara medis kita menjadi sehat, tentu tubuh kita juga sehat dan saat yang tepat untuk mendonorkan darah untuk membantu saudara kita yang membutuhkan darah.

“InsyaAllah setiap 2 minggu sekali kita akan datang ke seluruh OPD sesuai dengan arahan Pak Wagub Abdul Fattah selaku Ketua PMI Babel, agar ketersedian Stok Darah di PMI Bangka Belitung” Himbau Andi.

“Tidak semua Peserta boleh di Donor. Bagi yang pernah terpapar, orang yang memiliki komorbid (penyakit penyerta), Auto imun maupun tidak memenuhi syarat lainnya, tidak boleh dilakukan Donor Darah. Semuanya itu akan diketahui melalui Cek Kesehatan oleh Tim,” jelas Andi

Tampak juga Hadir mantan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah sekaligus Ketua PMI Bangka Belitung di Lobi Badan Keuangan Daerah Bangka Belitung

Suasana diklinik tampak ramai dihadiri oleh seluruh pegawai yang sudah terjadwal untuk dilakukan Pendonoran oleh petugas dan pelaksanaanya tetap sesuai dengan protokol kesehatan hingga selesai. Kegiatan Pendonor Darah telah berjalan dengan baik dan tidak ada kendala dan berakhir hingga siang hari.

Sumber: 
Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Fatwa Omaya
Fotografer: 
Sulistyo
Editor: 
fatwa
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Bakuda ; Sekretariat; Humas