Grand Launching Samsat Corner dan Penyerahan Mobil Samsat Keliling

"Kinyang Kopi Si Hitam Keling

Di Jari Melingkar Erat

Semoga Samsat Corner dan Samsat Keliling

Membawa Manfaat untuk Masyarakat"

Syair pantun dilantunkan oleh Syahrudin, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam acara Grand Launching Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Corner dan Penyerahan Kendaraan Operasional Samsat Keliling Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (02/06/2016). Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Corner yang sudah beroperasi sejak 16 Mei 2016, merupakan inovasi terbaru dari segi perpajakan.

Bertempat di pusat perbelanjaan Pangkalpinang Bangka Trade Centre (BTC) Lantai II, digelar Grand Launching Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Corner sebagai acara peresmian Samsat Corner. Acara ini juga dihadiri oleh Wakapolda, Kombes Istiono; perwakilan PT Jasa Raharja, Suhadi; Bank Sumsel Babel, Sadikin; dan Supariyono mewakili walikota Pangkalpinang.

Acara ini dibuka oleh Syahrudin, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dalam kesempatan ini mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, menjelaskan bahwa pelaksanaan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Corner diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan Samsat Corner dapat memenuhi kewajiban di bidang pendaftaran kendaraan bermotor, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), serta penerimaan bukan pajak (PNPB),” lanjutnya.

Pengguntingan pita yang diwakili oleh Syahrudin menjadi satu momentum penting pelaksanaan Samsat Corner.

Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa kemudahan dan kenyamanan menjadi salah satu prioritas dalam menciptakan program pelayanan untuk masyarakat.

“Salah satu formulasi penting yang menjadi tujuan Samsat Corner adalah agar masyarakat menjadi lebih paham dan sadar akan kewajiban membayar pajak untuk mendukung terlaksananya proses pembangunan yang berkesinambungan melalui perpajakan,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan penyerahan Kendaraan Operasional Samsat Keliling untuk UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan. Secara simbolis, pemecahan kendi yang dilakukan oleh Syahrudin dan Kombes Istiono menjadi suatu gerakan yang memudahkan dan meringankan langkah wajib pajak untuk membayar pajak. Kehadiran pelayanan ini diharapkan dapat memangkas waktu, jarak, dan biaya wajib pajak yang berada di pelosok desa

 “Dengan adanya Samsat Corner dan penyerahan dua unit mobil Samsat Keliling kepada UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan, diharapkan target penerimaan pajak daerah sektor pajak kendaraan bermotor dapat tercapai, bahkan ditingkatkan,” tandas Syahrudin. (ACH)

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Fatwa Omaya
Bidang Informasi: 
Sekretariat