DPRD BELITUNG TIMUR STUDY KEUANGAN DAERAH PADA BAKUDA BABEL

PANGKALPINANG – Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fery Afryanto menerima Kunjungan kerja Panitia Khusus (Pansus II) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur yaitu Dwi Nanda Putra, Ismansyah, Mirza Saputra dan Tom Haryono Harun, di ruang Kepala Bakuda pada Kamis, (16/12/2021).

Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur diterima Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  di ruang Kepala Badan yang di dampingi Kepala Bidang Anggaran Drs.Sukrot  serta Kepala Bidang Asset, Hasril Mintarsyah,S.ST, MT serta Kepala Bidang Akuntansi Bambang Irwanto.

Anggota DPRD Belitung Timur Dwi Nanda Putra menjelaskan, kunjungan Study Keuangan Daerah Anggota DPRD Belitung Timur terkait dengan pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah antara pusat daerah dengan harapan berjalan sesuai dengan harapan visi dan misi Bupati Belitung Timur.

Landasan konstitusional secara langsung saat ini mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri 70 Tahun 2021 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Data dan informasi perencanaan pembangunan daerah, dikelola dalam data dan informasi perencanaan pembangunan daerah berbasis elektronik.,”Papar Dwi.

Dokumen perencanaan pembangunan daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan dokumen perangkat daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (3), digunakan sebagai acuan dalam penyusunan dokumen anggaran daerah seperti KUA, PPAS, rancangan APBD sampai menjadi APBD yang dilaksanakan berbasis elektronik,” Dijelaskan lebih lanjut.

Dilanjutkan dengan Anggota DPRD Belitung Timur Tom Haryono Harun sedikit menjelaskan gambaran dana perimbangan pusat ke daerah mengenai pembiayaan keuangan terkait Pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2021 ini.

Sementara itu Tom Menjelaskan” masih banyak yang harus dibenahi untuk mewujudkan SIPD atau SIMDA, tinggal mau pilih aplikasi yang akan digunakan organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga keberanian melaksanakan terobosan program-program pemerintah yang menyentuh masyarakat,” Kata Tom.

Anggota DPRD Tom Haryono Harun menambahkan dirinya mengapresiasi dan keuangan Daerah Bangka Belitung yang sudah beberapa kali mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK Perwakilan Bangka Belitung dan dapat dipertahankan dikemudian hari.

Sumber: 
Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Fatwaomaya
Fotografer: 
sulistyo hudi
Editor: 
fatwa
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Bakuda ; Akuntansi; Anggaran; Humas