dppkad.babelprov.go.id Jendela Informasi DPPKAD

Pangkalpinang - Situs web SKPD merupakan salah satu jendela informasi yang dapat diakses oleh masyarakat atau publik untuk mengetahui sesegala sesuatu yang berhubungan dengan SKPD. Berkaitan dengan hal ini, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sudah mendirikan website sejak Januari 2016. Menginjak bulan kelima, dppkad.babelprov.go.id  yang dikelola oleh pranata humas dan pranata komputer ini sudah menayangkan berbagai berita dan artikel yang menginformasikan berbagai kegiatan SKPD. 

Selain agar masyarakat lebih mudah memperoleh informasi dan layanan DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangaka Belitung, dppkad.babelprov.go.id mengambil andil  berpartisipasi dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dengan menggunakan media internet dan teknologi informasi. Penyebarluasan informasi dan kegiatan DPPKAD melalui media ini dapat diakses secara leluasa selama 24 jam. 

"Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai bentuk kewajiban penyediaan informasi publik kepada masyarakat." Demikian yang diungkapkan oleh Aula Dedy Sayogo yang menjadi narasumber dalam Pelatihan Pengelolaan Website SKPD bagi Aparatur Pemerintah (24/05/2016).
“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah membangun portal SKPD agar sesuai dengan asas dan tujuan undang-undang tersebut. Setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik serta harus dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana,” lanjut Aula.

Guna meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan sumber daya manusia yang mendukung, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan di ruang pertemuan Garuda Hotel Tanjung Pesona Beach. Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini, 23 sampai dengan 25 Mei 2016 dihadiri oleh staf teknis yang berkaitan dengan website, baik paranata humas, pranata komputer, maupun jabatan fungsional umum lainnya.

Erman, kepala seksi teknis telematika yang menjadi salah satu narasumber menjelaskan  bahwa materi pelatihan fokus membahas masalah penggunaan website, pengelolaan, penggunaan, dan pengembangan website. Pengelolaan website meliputi materi pembentukan organisasi tim pengelola website, penentuan isi konten, desain, publikasi, dan manajemen konten website SKPD.
Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa untuk memperoleh layanan hosting dan template website pemprov, pihak bersangkutan cukup mengajukan surat permohonan kepada Dinas Kominfo Provinsi Bangka Belitung.

“Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelayanan sebagai penyedia hosting untuk pemerintah daerah se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekolah, organisasi sosial, dan lain-lain tanpa dipungut bayaran, termasuk menyediakan template website. Dengan demikian, pengguna dapat langsung fokus ke pengelolaan konten,” tambahnya. 

Dukungan penuh dari Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan dapat diterapkan dan digunakan pada SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar dapat berhubungan satu sama lain  sehingga dapat memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, termasuk Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (ACh) 

 

Sumber: 
DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
dppkad.babelprov.go.id; pranata humas; pranata komputer; pelayanan informasi dan kehumasan; website