DPPKAD Provinsi-SKPD Terbaik Pengelola Arsip

Pangkalpinang – Kembali menjadi yang terbaik dalam kegiatan pembinaan, pendampingan, dan perlombaan pengelolaan kearsipan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah yang diserahkan oleh Marwan Muchtar, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bertempat di ruang pertemuan BAPPEDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penghargaan tersebut diterima oleh Okta Alamsya, Kepala Sub Bagian Umum sebagai perwakilan DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (01/12/2016).

“Sesuai dengan pasal 9 ayat 3 pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009, kami terus berusaha untuk menciptakan tertib administrasi pengelolaan arsip dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Oleh karena itu, kami juga menyiapkan ruangan arsip SKPD, sarana dan prasarana kearsipan, dan sumber daya manusia kearsipan,” jelas Okta.

Menurutnya, penempatan Sulistyo Hudi Prasetyo sebagai arsiparis di DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi momen yang tepat dalam usaha tersebut sehingga pengelolaan arsip DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi sangat baik dan ini dibuktikan dengan penghargaan terbaik dua tahun berturut-turut dalam lomba ini, yaitu tahun 2015 dan tahun ini.

Eddy Laksmana, Sekretaris DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi usaha Sulistyo dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai arsiparis.

“Kelihatannya memang sederhana, tetapi pengelolaan arsip merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan tugas kita sehari-hari. Pada instansi dengan urusan yang sangat banyak dan beragam ini, kemudahan mencari arsip dan berkas menjadi suatu tolok ukur pengelolaan arsip yang baik dan tepat. Apalagi pencarian berkas inaktif yang sewaktu-waktu diperlukan,” tutur Eddy.

 Adapun, instrumen dan kriteria yang dinilai meliputi pengurusan surat, jenis arsip SKPD, dan kreatifitas dalam pengelolaan arsip. Demikian juga dengan kelengkapan pemberkasan arsip aktif dan inaktif, yang prosedur penyimpanannya disesuaikan dengan klasifikasinya masing-masing.

Selamat kepada Sulistyo Hudi Prasetyo dan Adri, pengelola arsip yang sudah bekerja dengan baik dan kembali menorehkan prestasi DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai instansi pengelola kearsipan terbaik di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (ACH)

 

Sumber: 
Humas DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
pengelolaan kearsipan

Berita Berdasarkan Kategori