Dinkes Provinsi Periksa Gula Darah Pegawai DPPKAD

Pangkalpinang - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan skrining gula darah pegawai  Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara gratis. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PPTM), yang salah satunya adalah Diabetes Melitus (DM). Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan pada dua tempat, yaitu di ruang rapat dan ruang sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan bangka Belitung (15/07/2016).

Menurut Dyah Erti Mustikawati, Kepala Subdit Pengendalian DM dan PM, sampai saat ini, penyakit Diabetes Melitus (DM) masih menjadi masalah kesehatan yang utama di dunia. Sedangkan di Indonesia, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007-2013, angka prevalensi DM Nasional cenderung naik, yaitu 1,1 persen menjadi 2,1 persen. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan deteksi dini dan penatalaksanaan yang segera di awal perjalanan penyakit agar komplikasi dapat dicegah.

Budiman Ginting, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, angka DM melebihi angka nasional 2,1 persen, yaitu 2,6 persen. Selain itu, asupan makanan yang berisiko PTM seperti makanan manis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah 53,1 persen.

Dikatakannya, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Khusus pada segenap pegawai.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, tanggal 14 dan 15 Juli 2016 di sepuluh SKPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PU, Dinas Kesejahteraan Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Bappeda, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan Dinas Kesehatan.

Berdasarkan pemantauan, kesadaran pegawai DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap kesehatan sangat baik. Hal ini terlihat dari banyaknya pendaftar yang ingin diperiksa status glukosa darah sehingga pemeriksaan dilakukan secara antri. Kegiatan terdiri atas wawancara, ukur tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, dan kadar gula darah. Selain itu, para pegawai juga dapat berkonsultasi langsung dengan petugas kesehatan dan dokter yang melaksanakan pemeriksaan (ACH)

 

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Dinas Kesehatan; Skrining Gula Darah; Pemeriksaan Kesehatan