Catat Rekor, Dalam Sehari Samsat Babel Capai Pendapatan Rp 4,7 Miliar

TANJUNG PANDAN - Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) mencatatkan prestasi melalui program pemutihan pajak kendaraan dihari terakhir. tercata dihari terakhir (29/7) capaian pendapatan yang dilakukan UPT Samsat se-Babel menghasilkan pendapatan Rp 4,7 Miliar.

Kepala Bakuda Kep. Babel Muhammad Haris mengatakan torehan ini merupakan rekor pendapatan terbesar dari pajak kendaraan bermotor yang dihasilkan sejak provinsi ini berdiri. Oleh karenanya ia pun tak lupa memberikan apresiasi kepada jajarannya yang sudah bekerja keras hingga malam hari, sehingga pelaksanaan pembayaran pajak mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut dia, pecahnya rekor tersebut disebabkan animo masyarakat Babel yang cukup besar untuk membayar pajak dihari terakhir program pemutihan pajak, hal itu juga ditambah masyarakat Babel saat ini banyak yang membeli kendaraan baru, baik roda dua maupun roda empat.

"Ini belum tutup postingan, sehingga ada kemungkinan naik. Alhamdulillah secara keseluruhaan kami sudah mencapai 85,42 persen dari target pendapatan, yakni 698 milyar. Insya Allah tahun ini kita melampaui target," ujarnya.

Torehan prestasi itu tentunya tak bisa digapai tanpa bantuan berbagai pihak, salah satunya yakni penentuan lokasi strategis yang dapat menjangkau masyarakat dalam membayar pajak, termasuk di UPT Samsat Belitung dengan bekerjasama dengan Kedai Mak Jannah yang berlokasi di seputaran Tugu Satam Tanjung Pandan.

"Khusus dilokasi ini, kami lakukan tiap malam sabtu seperti saat ini. ini sangat membantu sekali bagi wajib pajak yang ingin membayar namun hanya sempat pada malam hari karena kesibukannya. Samsat Setempoh kami beroperasi hingga pukul 21.00 WIB," jelasnya.

Atas dukungan masyarakat dalam menyukseskan program pemerintah, di sela-sela kesibukannya Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin menyempatkan untuk menemui pemilik Kedai Mak Jannah, Purnomo untuk memberikan piagam penghargaan atas partisipasi dan kontribusi membantu dan mensukseskan kegiatan Samsat Setempoh UPT Bakuda Kep. Babel wilayah Belitung.

Pj Gubernur berharap para wajib pajak sadar akan pentingnya kewajiban membayar PKB mereka. Apalagi, kata dia, pajak diperuntukan untuk pembangunan di Bangka Belitung.

Sumber: 
Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Fatwa Omaya
Fotografer: 
Supri
Editor: 
Fatwa Omaya
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Bakuda ; PAD ; Humas