Bintek Bendahara Pengeluaran PPK-SKPD Ciptakan SDM Andal

Pangkalpinang - Untuk menciptakan bendahara pengeluaran, bendahara pengeluaran pembantu, dan PPK-SKPD yang andal, DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan Pembinaan Teknis (Bintek) Bendahara Pengeluaran PPK-SKPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara yang digelar di Hotel Puncak Pangkalpinang (17/3/2016) ini dihadiri oleh seluruh bendahara pengeluaran dan PPK-SKPD di setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tugas mereka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan.

Dalam laporannya, Harnuddin selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan yang bersumber dari APBD ini akan membahas tentang penatausahaan keuangan daerah dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara pengeluaran dan PPK-SKPD serta kebijakan penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual pada pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Eddy Laksmana. Dalam pembukaannya, beliau berharap agar kegiatan ini dapat memberi nilai tambah dalam peningkatan kemampuan penatausahaan dan pengelolaan keuangan, khususnya bagi bendahara dan PPK-SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan meminimalisir temuan dalam pemeriksaan oleh BPK.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dan bertukar informasi yang bermanfaat dalam penatausahaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan dareah," ujar beliau.

Eddy menambahkan bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan, semua yang dikerjakan oleh pemerintah daerah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur. Salah satu pertanggungjawabkan tersebut adalah laporan keuangan daerah yang merupakan bagian penting untuk menentukan salah satu kinerja tugas pemerintah. 

Acara ini menghadirkan narasumber M. Weli Septiya Putra, Kasubbag Verifikasi, Akuntansi dan Aset pada Badan Pengembangan Sumber Dya Manusia Kementerian Dalam Negeri.

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Lisia Ayu Andini
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Editor: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Bendahara pengeluaran; PPK-SKPD; bendahara pengeluaran pembantu; pembinaan teknis bendahara pengeluaran dan PPK-SKPD; penatausahaan keuangan daerah; laporan pertanggungjawaban