BAPPEDA & BAKUDA DALAM SINERGITAS PERENCANAAN KETERBATASAN FISKAL

Muntok – Suasana graha aparatur Badan Diklat Kabupaten Bangka Barat dihadiri oleh seluruh Kepala Bakuda dan Bappeda se-Provinsi Bangka Belitung, (27/3/2017). Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir.Yan Megawandi, Msi dalam acara rapat kerja Sinergitas Perencanaan Keterbatasan Fiskal dan Investasi di gedung Graha Aparatur Badan Diklat Kabupaten Bangka Barat.

“ Keterbatasan fiskal akan berdampak pada tingkat inflasi yang tinggi, dengan adanya regulasi yang terkait pinjaman luar negeri akan membawa arah yang baik bagaimana cara kita mendapatkan pinjaman luar negeri dari para investor untuk berinvestasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna mengurangi dampak inflasi tersebut sehingga pembiayaan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan tidak mengganggu APBD, “jelas Yan Megawandi.

Yan menjelaskan bahwa dengan adanya peran pemerintah pusat khususnya kementerian luar negeri  akan berdampak positif bagi 7 Kabupaten/Kota untuk menggali potensi daerah masing-masing serta keunggulannya untuk menarik simpati para investor yang mau berinvestasi di Bangka Belitung guna mewujudkan masyarakat ekonomi Asean, “Ungkap Yan.

Narasumber didatangkan dari Staf Ahli Bidang Diplomasi Ekonomi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Ridwan Hassan menyampaikan paparannya bahwa menyatakan dukungan pemerintah pusat khususnya Kementerian luar negeri kepada seluruh Daerah yang memiliki keterbatasan fiskal dalam membangun daerah di seluruh Indonesia seperti pendanaan APBD yang Defisit, “Jelas Ridwan.

Ridwan menambahkan bahwa 7  Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Kepala Daerah masing-masing dan Bappeda dan Bakuda sebagai leading Sektor dapat merencanakan dengan baik melalui pinjaman luar negeri pada sumber pendanaan pinjaman luar negeri, Alur perencanaan pinjaman kegiatan/proyek yaitu pada kerjasama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta KPBU inilah yang menjembatani Pemerintah pusat dengan Daerah dalam memberikan pinjaman luar negeri “ ungkap Ridwan.

Selanjutnya diakhir acara seluruh kepala Bakuda dan Bappeda 7 kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghasilkan point-point penting untuk ditandatangani nota kerjasama sinergitas kesepakatan bersama Perencanaan Potensi dan Mekanisme Pendanaan Pembangunan (Investasi) Daerah oleh kepala Bakuda dan Bappeda se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (omy)

Sumber: 
BADAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Penulis: 
FATWA OMAYA
Fotografer: 
FATWA OMAYA
Editor: 
FATWA OMAYA
Bidang Informasi: 
Pramas
Tags: 
Perencanaan; Bakuda