Samsat Corner Siap Meluncur Mei 2016

Pangkalpinang - Dalam rangka peluncuran Samsat Corner pada Mei 2016, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan rapat koordinasi dengan pihak terkait, yaitu Kepolisian Daerah Bangka Belitung, PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pangkalpinang, Bank Sumsel Babel, serta PT. Askomindo Dinamika Solusi selaku pihak yang menyiapkan aplikasi dan sistem di ruang rapat kantor DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (25/04/2016).

Amran, Kepala Bidang Pajak menjelaskan bahwa lokasi Samsat Corner berada di gedung BTC Pangkalpinang Lantai I Blok D2, tepatnya bersebelahan dengan kantor Sim Corner. Secara umum, beliau menjelaskan bahwa pengoperasian Samsat Corner hampir sama dengan Samsat Keliling.

“Keberadaan Samsat Corner di BTC ini akan memudahkan Wajib Pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotornya. Tahap operasionalnya tidak jauh berbeda dengan Samsat Keliling. Pihak yang terlibat pun sama, antara lain personil dari Kepolisian Daerah, Bank Sumsel Babel, dan PT. Jasa Raharja.”

Agus Wibowo, perwakilan PT. Askomindo Dinamika Solusi menambahkan bahwa aplikasi dan sistem sudah diinstal dan siap dioperasikan. Begitu pula mengenai sarana dan prasarana Samsat Corner. Samsat Corner rencananya akan langsung beroperasi bersamaan dengan peresmian Samsat Corner.

Hidayat, selaku pihak Jasa Raharja Pangkalpinang akan melakukan koordinasi dengan Jasa Raharja Pusat Palembang mengenai penempatan personil Jasa Raharja di Samsat Corner.

“Jasa Raharja siap mendukung pembukaan Samsat Corner ini. Kami akan segera menentukan petugas yang sesuai dengan kebutuhan dalam Samsat Coner ini.”

Senada dengan Hidayat, Mulyawan yang mewakili Bank Sumsel Babel juga menyatakan antusiasme pembukaan samsat corner ini. Bank Sumsel Babel akan mendukung kegiatan ini dan akan mengirimkan personel satu orang untuk di Samsat Corner.

Muhammad Firmansyah, pelaksana kegiatan Samsat Corner ini menjelaskan bahwa Samsat Corner ini merupakan bentuk pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)  tahunan.

“Samsat Corner ini hanya melayani perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) khusus untuk jangka waktu satu tahun, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk sementara, sistem on line memang belum diberlakukan. Namun, kami sekarang dalam proses pelaksanaan sistem pembayaran on line. Begitu, sistem pembayaran pajak sudah on line, sistem pembayaran pada Samsat Corner pun akan on line.”

Berdasarkan hasil rapat, Samsat Corner disepakati akan diresmikan pada tanggal 9 Mei 2016 disertai dengan penandatanganan Kontrak antara DPPKAD dan pihak BTC. Amran mengharapkan semua personil yang terlibat dalam pelayanan Samsat Corner ini dapat bersinergis dengan baik demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat.

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Lisia Ayu Andini
Fotografer: 
Lisia Ayu Andini
Editor: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
Samsat Corner; Bidang Pajak; Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Berita

10/01/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
04/01/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
03/01/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
13/09/2017 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
05/09/2017 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
22/08/2017 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
21/08/2017 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...