Intensifkan Sumber Pajak Daerah demi PAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang - Upayakan intensifikasi dalam pendapatan dan penagihan objek pajak guna tercapainya target penerimaan pajak daerah sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini menjadi bahasan penting dalam Rapat Koordinasi Intensifikasi Sumber-Sumber Pajak Daerah yang dihadiri oleh seluruh kepala UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten/Kota yang diadakan di UPTD Kabupaten Bangka Tengah - Koba (22/03/2016).

Yulizar Adnan, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Kepulauan mengatakan bahwa diperlukan upaya penggalian sumber daya yang ada sebagai potensi pajak daerah.

“Melalui rapat koordinasi ini, kita dapat menghimpun berbagai kendala sehingga permasalahan yang ditemui oleh petugas di lapangan dapat dipecahkan bersama. Hal ini sangat penting dalam upaya meningkatkan intensitas pungutan pajak, baik itu dari segi pendataan, pendaftaran, maupun penagihan objek pajak daerah,” tegas Yulizar.

Oskan Firhan Immami, Kepala Seksi Teknis Pajak mengemukakan bahwa kegiatan intensifikasi sumber-sumber pajak pendapatan daerah bertujuan untuk meningkatkan intensitas pungutan terhadap suatu subyek dan obyek pajak daerah yang tercatat dalam administrasi bidang pajak. Mengingat potensi yang masih sangat besar, sangat penting untuk dilakukan intensifikasi sumber-sumber pajak daerah agar memperoleh pendapatan daerah secara maksimal demi mendorong pertumbuhan pembangunan daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sasaran kegiatan intensifikasi sumber-sumber pajak daerah ini adalah meningkatkan kepastian hukum dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki, sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi oleh organisasi serta mengintensifikasikan peraturan pelaksanaan dan memberantas pemalsuan pajak,” jelas Oskan.

Kegiatan intensifikasi ini juga melingkupi sosialisasi peraturan yang telah ditetapkan sebagai dasar pemungutan atas sumber-sumber penerimaan yang telah menjadi objek PAD. Pelaksana terkait dari DPPKAD akan melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan secara berkala kepada UPT/Samsat Kabupaten/Kota wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Oleh karena itu, diperlukan data-data sebagai kelengkapan pada objek PAD yang dibutuhkan oleh internal DPPKAD dan instansi lainnya.

Sumber: 
DPPKAD Prov. Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Lisia Ayu Andini
Fotografer: 
Adinda Chandralela
Editor: 
Adinda Chandralela
Bidang Informasi: 
Sekretariat
Tags: 
pendapatan asli daerah; PAD; UPT DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten/Kota; objek pajak; penerimaan pajak daerah; rapat koordinasi

Berita

08/05/2018 | Badan Keuangan Daerah P...
30/04/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
20/04/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
18/04/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
28/03/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
23/03/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
21/03/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...
15/03/2018 | BADAN KEUANGAN DAERAH P...